Abbas Terpilih Jadi Pemimpin PLO

Editor: Ivan Aditya

PALESTINA, KRJOGJA.com – Presiden Palestina Mahmoud Abbas kembali terpilih sebagai pemimpin komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO). Pengangkatan kembali Abbas diputuskan oleh Dewan Nasional Palestina (PNC) setelah menggelar rapat selama empat hari. Selain pengangkatan Abbas, PNC juga turut merombak sejumlah anggota komite. Ia menggantikan beberapa anggota komite yang merupakan oposisi dengan sekutu-sekutu dekatnya.

"Anggota Komite Eksekutif PLO telah saling berkonsultasi dan memutuskan memilih saudara Abu Mazen (Abbas) sebagai ketua Komite Eksekutif," kata Azzam AL-Ahmad, orang kepercayaan Abbas yang terpilih menjadi satu dari 15 anggota komite.

Pertemuan PNC ini merupakan yang pertama sejak 22 tahun lalu. Rapat tersebut dilakukan di saat Abbas berupaya memperkuat legitimasinya dalam pemerintahan.

Meski begitu, dia memberi kesempatan faksi lain yang beroposisi, seperti Popular Front untuk Pembebasan Palestina, memenangkan satu dari tiga kursi komite yang belum terisi. Dia juga membuka jalan bagi kelompok Hamas, yang baru-baru ini sepakat rujuk dengan pemerintah, untuk bergabung dalam komite "jika menerima persatuan nasional dan PLO". (*)

BERITA REKOMENDASI