Abu Dhabi Sustainable Week, Jokowi Buka Rencana Ibu Kota Baru

ABU DHABI, KRJOGJA.com – Serangkaian agenda telah menanti Presiden Joko Widodo atau Jokowi di hari kedua kunjungan resminya ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), Senin (13/1/2020).

Mengawali kegiatannya hari ini, Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia, Armen Sarkissian. 

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan dengan CEO SoftBank, Masayoshi Son.

Kegiatan selanjutnya, presiden akan menuju Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC) untuk menghadiri Abu Dhabi Sustainable Week (ADSW). Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Presiden Jokowi diundang untuk menjadi pembicara utama dalam acara tersebut.

Pratikno menjelaskan bahwa pembangunan berkelanjutan merupakan isu penting, bukan hanya bagi Indonesia tapi juga bagi dunia.

Pada kesempatan tersebut, lanjutnya, Presiden Jokowi akan menyampaikan tentang rencana ibu kota baru Indonesia. "Dengan ibu kota baru tersebut, Pak Presiden ingin mengajak juga dunia internasional untuk menjadikan ibu kota baru Indonesia ini menjadi satu showcase, jadi contoh dunia menjadi sustainable city dengan segala aspeknya," paparnya.

"Seperti yang sering Pak Presiden katakan, bahwa nanti ada zero emission, compact city, tapi juga inovasi dan kreativitas, penggerak ekonomi, dan lain-lain. Jadi Pak Presiden ingin menawarkan bahwa ibu kota baru salah satu yang ingin disampaikan tentang visi Indonesia ke depan mengenai sustainable development," imbuhnya.

Usai berbicara di ADSW, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk melakukan pertemuan trilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed dan CEO SoftBank, Masayoshi Son.

Setelah itu, Presiden akan menuju Terminal Kepresidenan Bandara Internasional Abu Dhabi untuk kemudian lepas landas kembali ke Tanah Air. Presiden dan rombongan direncanakan tiba di Jakarta pada Selasa, 14 Januari 2020, dini hari.(*)

UEA

BERITA REKOMENDASI