Adik Kim Jong Un Ancam Korsel

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengancam akan membatalkan perjanjian militer dengan Korea Selatan. Selain itu Kim Yo Jong akan menutup kantor penghubung lintas-perbatasan kecuali Seoul menghentikan para aktivis meluncurkan balon yang membawa selebaran anti-Pyongyang di atas perbatasan.

Menanggapi peringatan Kamis, juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan Seoul berencana untuk mendorong Undang-undang baru untuk melarang protes selebaran.

Aktivis telah mengirim balon yang membawa selebaran yang mengkritik ambisi nuklir Korea Utara dan pelanggaran hak asasi manusia selama bertahun-tahun, tetapi Pyongyang menganggap taktik itu serangan terhadap pemerintahnya.

Dalam beberapa minggu terakhir, sekitar 500.000 selebaran telah dibuang di sepanjang perbatasan yang dibentengi antara Korea Utara dan Korea Selatan. Mereka mengkritik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un karena mengancam akan mengambil “tindakan nyata yang mengejutkan dengan senjata nuklir strategis”, menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap.

Korea Selatan mengatakan banyak selebaran jatuh di sisi perbatasannya dan sedang dibuat Undang-undang untuk menghentikan praktik itu, yang biasanya melibatkan pembelot Korea Utara. (*)

BERITA REKOMENDASI