Ajak Murid Diskusikan Kartun Nabi, Guru di Belgia Diberhentikan

Editor: Ivan Aditya

BELGIA, KRJOGJA.com – Seorang guru di Molenbeek, Brussel, Belgia dinonaktifkan usai menggunakan karikatur Nabi Muhammad dalam kegiatan diskusi bersama murid usia 10-11 tahun. Guru itu tak boleh mengajar untuk sementara.

Guru tersebut menggunakan karikatur Nabi Muhammad saat membicarakan kematian guru di Prancis bernama Samuel Paty. Samuel Paty sendiri dipenggal seorang pemuda tak lama usai membahas kartun Nabi Muhammad pada 17 Oktober lalu.

“Keputusan kami didasari pada fakta bahwa ini adalah gambar yang tidak senonoh. Kami akan mengambil keputusan serupa jika gambar yang digunakan bukan Nabi Muhammad,” tutur Juru Bicara Wali Kota Molenbeek, Belgia.

Pemerintah kota setempat mengambil keputusan itu juga setelah mendapat laporan dari orang tua murid. Setelah dipertimbangkan matang, guru yang bersangkutan dinonaktifkan sementara. “Dua-tiga orang tua mengeluhkan hal itu,” kata Juru Bicara Wali Kota Molenbeek.

Diketahui, kartun Nabi Muhammad terbitan Charlie Hebdo menjadi sorotan dunia. Selain karena dinilai tidak patut, sudah terjadi pula pembunuhan di Prancis yang difaktori karikatur tersebut.

Salah seorang guru di Prancis bernama Samuel Paty, misalnya, dibunuh oleh seorang pemuda pada 17 Oktober lalu. Samuel Paty dipenggal tak lama setelah membicarakan kartun Nabi Muhammad. (*)

BERITA REKOMENDASI