Akhir Juli China Luncurkan Misi ke Mars

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China berencana untuk pergi ke planet Mars pada akhir Juli. Rencana China tersebut merupakan bentuk perlombaan dominasi ruang angkasa dengan Amerika Serikat. Berdasarkan Pusat Peluncuran Satelit Xichang, alat penjelajah atau rover Tianwen-1 dijadwalkan akan diluncurkan dari pulau Hainan, China antara 20 hingga 25 Juli.

Misi ini menandakan misi antarplanet pertama China. Misi ini diluncurkan lebih awal dari misi penjelajah Amerika Serikat yang baru meluncur sekitar 30 Juli.

Tianwen-1 terdiri dari pengorbit, penjelajah dan pendarat. Misi pendaratan ini akan mengumpulkan sampel dari permukaan planet Merah. Ini adalah misi antar planet pertama China.

Peristiwa bersejarah ini dilakukan berdekatan dengan misi ke Mars yang akan dilakukan NASA. NASA juga akan mengirimkan rover dan helikopter ke Mars pada 20 Juli mendatang. AS telah tiga kali mengundur jadwal peluncuran misi MARS karena masalah teknis.

Penerbangan ke Mars sengaja memilih sekitar bulan ini lantaran jarak Bumi dan Mars sedang berada pada posisi terdekat. Sehingga, menghemat waktu perjalanan untuk mencapai planet Merah itu. (*)

BERITA REKOMENDASI