Akhirnya Biden Ungkap Alasan Tarik Pasukan dari Afghanistan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden akhirnya buka suara terkait penarikan besar-besaran warga Amerika dari Afghanistan akibat serangan kelompok Taliban.

Dalam pernyataan yang disampaikan lewat siaran dari Gedung Putih tersebut, Joe Biden memperkuat kembali keputusannya untuk menarik seluruh pasukan Amerika Serikat setelah 20 tahun berperang melawan Taliban.

“Saya berdiri tegak di belakang keputusan saya. Setelah 20 tahun, saya telah belajar dengan susah payah bahwa tidak pernah ada waktu yang tepat untuk menarik pasukan AS,” ujar Joe Biden.

Biden juga menegaskan bahwa keputusannya menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan adalah untuk menghentikan perang yang telah berkembang jauh melampaui tujuan awalnya yaitu menghukum Taliban karena memiliki hubungan dengan Al-Qaeda setelah peristiwa 9/11. “Misi kami di Afghanistan tidak seharusnya membangun sebuah bangsa,” ujar Biden.

Kendati demikian pasukan AS telah meninggalkan Afghanistan, presiden ke-46 Amerika Serikat ini mengatakan bahwa operasi anti-terorisme akan terus berlanjut. Dalam kesempatan ini, Biden juga mengecam mantan komandan militer dan pemerintah Afghanistan yang malah melarikan diri di situasi genting ini daripada melawan pasukan Taliban. (*)

BERITA REKOMENDASI