Aksi Solidaritas Aktivis Skotlandia untuk Tahanan Palestina di Israel

Editor: Ivan Aditya

SKOTLANDIA, KRJOGJA.com – Kelompok aktivis di Skotlandia dilaporkan menggelar aksi solidaritas terhadap tahanan Palestina di Israel. Tahanan Palestina di Israel setidaknya sudah empat pekan menggelar aksi mogok makan, untuk menuntut kondisi penjara yang lebih baik.

Aksi yang digelar oleh Scottish Solidarity Campaign (SPSC) berpusat di kota Edinburgh. Aksi yang dimulai sejak kemarin tersebut dilakukan jelang pertemuan antara Duta Besar Israel untuk Skotlandia dengan Parlemen Skotlandia.

Para aktivis itu melakukan sejumlah tindakan sebagai bentuk solidaritas terhadap tahanan Palestina. Salah satunya adalah dengan mengundang orang untuk minum air putih, yang melambangkan satu-satunya hal yang dikonsumsi para tahanan.

Selain itu, sejumlah aktivis melakukan tindakan yang lebih jauh. Mereka melakukan puasa selama 24 jam sebagai bentuk solidaritas terhadap orang-orang Palestina.

Aksi solidaritas terhadap Palestina semakin sering digaungkan oleh negara-negara Inggris raya. Sebelumnya, Dewan Kota Dublin, Irlandia, mengibarkan bendera Palestina sebagai bentuk dukungan terhadap kemerdekaan negara tersebut.

John Lyons, anggota Dewan Kota yang mengusulkan langkah tersebut mengatakan, pengibaran bendera ini juga sarana untuk menolak pendudukan Israel atas tanah Palestina, yang sudah berlansung selama kurang lebih setengah abad. (*)

BERITA REKOMENDASI