Al Baghdadi Diduga Sembunyi di Mosul

Editor: Ivan Aditya

IRAK (KRjogja.com) – Serangan besar-besaran yang diluncurkan oleh pasukan Irak kepada ISIS demi mengambil alih kota Mosul kini menjadi semakin signifikan, menyusul beredarnya kabar bahwa pemimpin kelompok militan itu, Abu Bakr al-Baghdadi, diyakini masih bersembunyi di Mosul.

Informasi ini diungkapkan oleh Fuad Hussein, kepala staf pemimpin warga Kurdi Irak Massoud Barzani, dalam wawancara ekslusif dengan media Inggris, The Independent. Pejabat senior Kurdi ini menyebutkan bahwa ia mendapat informasi dari berbagai sumber bahwa “Baghdadi ada di sana dan, jika dia dibunuh, itu akan berarti runtuhnya seluruh sistem (ISIS).”

Pada Maret 2015 lalu, Baghdadi sempat dikabarkan terluka parah akibat serangan udara dari koalisi yang dipimpin Amerika Serikat di al-Baaj, sekiitar 28 kilometer dari Mosul. Berita itu menyebar luas, dan ISIS dikabarkan tengah mencari sosok untuk menggantikan Baghdadi.

Namun hingga penghujung tahun 2016, ISIS tidak mengklaim memiliki pemimpin baru yang memegang wewenang dan populer seperti Baghdadi. Baghdadi sendiri memproklamirkan kekhalifahannya dengan nama “Negara Islam Irak dan Suriah”, setelah berhasil merebut Mosul pada 2014 lalu.

Menurut informasi yang diterima Hussein, Baghdadi bersembunyi di Mosul sejak delapan atau sembilan bulan terakhir. Selama itu, kepemimpinan ISIS bergantung pada perintah sejumlah komandan yang berbasis di Mosul dan Tal Afar. (*)

BERITA REKOMENDASI