Alasan Diplomat Korut Membelot

Editor: Ivan Aditya

KORUT (KRjogja.com) – Pembelotan Thae Yong ho, seorang diplomat senior Korea Utara (Korut) telah memancing perhatian dunia internasional. Diplomat yang menjabat sebagai wakil Duta Besar Korut untuk Inggris itu secara diam-diam melakukan perjalanan ke Korea Selatan (Korsel) dan mencari perlindungan di sana.

Kabar pembelotan Thae Yong-ho diumumkan oleh Kementerian Unifikasi Korsel. Dalam pernyataannya, Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan Yong-ho telah tiba di kota Korsel dengan keluarganya.

Menurut laporan kantor berita Korut, penyebab utama membelotnya Yong-ho ke Korsel adalah karena dia mencoba untuk menghindari tuntutan hukum yang dijatuhkan padanya. KCNA menyebut Yong-ho terlibat dalam penggelapan dana pemerintah, dan juga dilaporkan telah melakukan pelecehan seksual pada anak di bawah umur.

“Di tengah ketakutan kejahatannya akan terungkap dan takut akan hukuman sesuai kejahatan yang dia lakukan, dia telah melakukan lelucon tercela dengan melakukan penerbangan ke Korsel dengan keluarganya,” bunyi laporan tersebut.

Yong-ho juga dituduh Seoul menghina kepemimpinan Korut. Pyongyang mengecam pemerintah Inggris karena diduga menolak tuntutan untuk mengekstradisi Yong-ho kembali ke Korut. (*)

BERITA REKOMENDASI