Alien Bersiap Datangi Bumi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sejumlah ilmuwan memancarkan sinyal kuat ke luar angkasa untuk memberitahu posisi bumi. Harapannya alien akan datang guna membuktikan keberadaan mereka.

Selama lebih dari 70 tahun, para astronom telah memindai sinyal radio atau optik dari peradaban lain untuk mencari kehidupan luar angkasa, lewat program Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI).

Disebutkan, sebagian besar ilmuwan yakin jika kehidupan lain ada di antara 300 juta planet yang berpotensi layak huni dalam galaksi Bima Sakti.

Para astronom juga berpikir, ada kemungkinan beberapa bentuk kehidupan telah mengembangkan kecerdasan dan teknologi. Tetapi tidak ada sinyal dari peradaban lain yang pernah terdeteksi, sehingga misteri ini disebut “The Great Silence.”

Sementara SETI telah lama menjadi bagian dari organisasi riset nirlaba Messaging Extraterrestrial Intelligence (METI), tetapi keberadaannya kurang dikenal oleh publik.

“Saya seorang profesor astronomi yang telah banyak menulis tentang pencarian kehidupan di alam semesta. Saya juga melayani di dewan METI yang merancang pesan untuk dikirim ke peradaban luar angkasa,” kata Profesor Astronomi dari University of Arizona, Chris Impey.

Dalam beberapa bulan mendatang, dua tim astronom akan mengirim pesan ke luar angkasa sebagai upaya untuk berkomunikasi dengan alien yang mungkin berada di luar sana. (Okz)

BERITA REKOMENDASI