Amankan Demo, Tentara Malah Positif Corona

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sejumlah anggota korps Garda Nasional (National Guard) Washington Amerika dilaporkan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) setelah mengawal demonstrasi kematian George Floyd di ibu kota baru-baru ini.

Juru bicara Garda Nasional Washington D.C., Letnan Kolonel Brooke Davis, mengatakan virus corona menulari pasukannya setelah sekitar 1.700 anggota dikerahkan mengawal demonstrasi yang terjadi di Gedung Putih dan sejumlah tempat lainnya di Washington.

Davis menuturkan ia tak bisa menyebutkan secara rinci jumlah pasukan yang terinfeksi Covid-19 dengan alasan keamanan operasional. Ribuan pasukan Garda Nasional memang dikerahkan mengawal demonstrasi anti-rasialisme oleh Wali Kota Washington dan juga pemerintah federal pada 1 Juni lalu.

Hal itu dimaksudkan untuk meredam kerusuhan dan bentrokan yang sempat terjadi saat unjuk rasa berlangsung. Davis mengatakan pasukannya tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi corona, yakni dengan melakukan tes Covid-19 terhadap seluruh personel sebelum dan setelah mengawal demonstrasi. (*)

BERITA REKOMENDASI