Amerika Ajak Korsel Ambil Opsi Militer

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Anggota parlemen dari partai berkuasa di Korea Selatan menyebut Amerika Serikat menawarkan Presiden Moon Jae-in opsi militer untuk menghadapi ancaman Korea Utara.

"Presiden mengatakan AS berbicara mengenai opsi militer dan juga diplomatik. Tapi Korsel tidak bisa berperang lagi," ucap Park Wan-ju yang juga menjabat sebagai juru bicara Partai Demokrat.

Park menghadiri rapat bersama Presiden Moon dan Penasihat Keamanan Nasional Korsel Chung Eui-yong. Dalam pertemuan itu, tutur Park, Chung mengatakan Seoul dan Washington telah sepakat mengerahkan sejumlah aset militer strategis AS ke Negeri Ginseng, secepatnya akhir tahun ini.

Chung tidak menjelaskan aset militer apa yang dimaksud. Dia hanya mengatakan langkah ini diambil menyusul kekhawatiran Seoul atas kemungkinan provokasi baru Pyongyang, menyambut perayaan Kongres Partai Komunis yang diselenggarakan lima tahun sekali.

Menurut Park, Chung memperkirakan Korut akan kembali melakukan aksi provokasi sekitar 10 hingga 18 Oktober mendatang. "Laporan Chung juga memaparkan adanya kekhawatiran akan konflik militer yang dipicu oleh insiden tak disengaja," kata Park. (*)

BERITA REKOMENDASI