Amerika akan Tambah Pasukan ke Irak

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Ash Carter mengumumkan, AS akan mengirimkan lebih banyak pasukan untuk membantu pasukan Irak guna merebut Mosul dari tangan ISIS. Pasukan baru akan dikirim ke pangkalan udara di Qayyarah yang berada di berada 60 kilometer sebelah selatan Mosul.

“Pasukan tambahan AS ini akan membawa kemampuan unik untuk kampanye perang melawan ISIS dan memberikan dukungan penting untuk pasukan Irak dalam peperangan penting,” kata Carter.

Kontingen pasukan tambahan AS ini nantinya akan terdiri dari insinyur, personel logistik, dan pasukan lain yang dimaksudkan untuk membantu tentara Irak dengan perencanaan dan persiapan dalam kampanye membebaskan Mosul. Carter juga berjanji untuk menempatkan penasehat AS dalam brigade dan batalion Irak saat mereka bergerak maju ke basis ISIS.

Carter melakukan kunjungan mendadak ke Irak seiring kesuksesan pasukan negara itu merebut sejumlah kota besar dari tangan ISIS. Tentara Irak berhasil merebut Ramadi dan Fallujah serta sejumlah permukiman kecil dalam beberapa bulan terakhir. (*)

BERITA REKOMENDASI