Amerika Andalkan Sistem Antirudal Patriot

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sistem antirudal Patriot, atau Patriot MIM-104 merupakan sistem pertahanan udara dan peluru kendali atau rudal utama milik Amerika Serikat (AS). 

Rudal Patriot dalam sejarah awalnya dibuat sebagai sistem menangkal pesawat perang. Namun dalam perkembangannya, Rudal Patriot digunakan AS dan sekutunya di Perang Teluk 1991 untuk menangkal rudal-rudal dari Irak.

Rudal Patriot diklaim mampu menangkis rudal balistik taktis dan ancaman udara seperti pesawat dan rudal jelajah. 

Sistem pertahanan Patriot memiliki empat rudal untuk setiap peluncur. Rudal kemudian disimpan dan diluncurkan dari tabung aluminium yang dipasang pada trailer menggunakan casis 8×8. Setiap unit Patriot, memiliki truk pembangkit listrik dengan dua generator 150-KW.

Peluncur ditarik oleh truk traktor Oshkosh M983 8×8 atau truk traktor lainnya. Versi bergerak Rudal Patriot menggunakan kendaraan mobilitas tinggi MAN KAT 1 8×8. Dibutuhkan 25 menit untuk menyiapkan posisi siap tembak hingga peluncuran. 

Baterai Rudal Patriot atau unit tembak adalah elemen operasi dasar. Unit tembak sendiri terdiri dari pos komando, radar, 8 hingga 16 peluncur dan kendaraan pendukung. Baterai dapat mencegat hingga 8 target secara bersamaan. 

Peluncur rudal Patriot diklaim dapat melacak target hingga 1 kilometer dari radar atau kendaraan pos komando. 

Adapun radar Patriot diklaim mampu melacak pesawat jet tempur pada jarak 110 hingga 130 kilometer, pesawat pembom pada jarak 160 hingga 190 kilometer, rudal pada jarak 85 hingga 100 kilometer dan hulu ledak rudal di kisaran jarak 60 hingga 70 kilometer. (*)

BERITA REKOMENDASI