Amerika Beri Sanksi kepada Menlu Iran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Biro Pengendalian Aset Luar Negeri Kementerian Keuangan Amerika Serikat menyatakan telah menjatuhkan sanksi kepada Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Zarif membalas dengan menyatakan sanksi AS itu tidak bakal mempan kepadanya.

"Javad Zarif melaksanakan agenda yang ceroboh dari Pemimpin Tertinggi Iran tersebut, dan (dia) adalah juru bicara utama rezim Iran di seluruh dunia," ujar Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin.

Zarif lantas membalas keputusan AS melalui akun Twitter. Sanksi itu membuat Zarif tidak bisa mempunyai properti atau hal-hal lain di AS.

"Alasan AS menargetkan saya adalah karena saya satu-satunya juru bicara Iran di dunia. Apakah kebenaran itu sangat menyakitkan? Sanksi itu tidak berdampak kepada saya maupun keluarga, karena saya tidak mempunyai properti atau usaha di luar Iran. Terima kasih telah menganggap saya sebagai ancaman atas rencana kalian," cuit Zarif.

Zarif tidak asing dengan AS. Dia bermukim di sana sejak berumur 17 tahun untuk kuliah dalam bidang hubungan internasional di San Francisco dan Denver. Dia juga didapuk menjadi Duta Besar Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2002 sampai 2007. (*)

BERITA REKOMENDASI