Amerika Desak China Tekan Korut

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mendesak Tiongkok selaku ketua Dewan Keamanan PBB saat ini, mitra dagang utama Korea Utara, dan sekutu-sekutu besarnya untuk mendesak Pyongyang agar menghentikan program nuklirnya. Trump sudah sangat geram dengan usaha Beijing untuk mengendalikan Korea Utara.

Pemerintahannya mengatakan bahwa semua pilihan termasuk militer sudah tersedia, namun hal tersebut akan menjadi pilihan terakhir karena pihaknya lebih memilih memberikan sanksi dan tekanan diplomatik. Trump dijadwalkan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin di pertemuan G20 di Jerman pekan ini.

Rusia dan Tiongkok bergabung dengan pasukan diplomatik pada hari Selasa dan meminta Korea Utara, Korea Selatan dan Amerika Serikat untuk menandatangani sebuah rencana de-eskalasi Tiongkok yang dirancang untuk meredakan ketegangan mengenai program rudal Pyongyang.

"Sangat mengecewakan, orang-orang Tiongkok (dan Rusia) masih menyerukan 'pengekangan dari semua pihak' terlepas dari fakta bahwa Korea Utara tidak menghiraukannya dan malah menunjukkan kemampuan ICBM yang dipersenjatai nuklir," ujar Daniel Russel, mantan diplomat utama Washington untuk Asia Timur. (*)

BERITA REKOMENDASI