Amerika Dukung Keterlibatan RI Soal Stabilitas Indo-Pasifik

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (14/12/2021). Salah satu pembahasan dalam pertemuan itu terkait dengan isu kawasan.

“Kami memiliki komitmen yang kuat untuk membangun kemitraan dengan Indonesia, dan komitmen yang kuat untuk keterlibatan di seluruh kawasan Indo-Pasifik, saya sudah sampaikan hal ini di Universitas Indonesia lebih rinci,” kata Antony Blinken dalam press briefing di Jakarta, Selasa (14/12/2021).

“Kami meyakini masa depan orang-orang di Indo-Pasifik. Itu akan tercermin dari pandangan ASEAN dan tercermin bagaimana Indonesia membawa isu ini,” tambah Blinken.

Dalam pernyataannya di Universitas Indonesia, Antony Blinken menyatakan bahwa AS mendukung konsep Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Menlu AS Antony Blinken memuji kawasan Indo-Pasifik yang ia sebut memiliki potensi ekonomi besar dan luar biasa keberagaman tinggi, seperti adanya ribuan bahasa. Ia menjelaskan bahwa diplomat AS mendengarkan keinginan warga Indo-Pasifik.

“Diplomat-diplomat kami memakai kedua telinganya untuk mendengarkan orang-orang dari berbagai latar belakang,” ujar Menlu Blinken di Universitas Indonesia.

“Mereka ingin ada lebih banyak peluang untuk terkoneksi antara negara-negara di dunia. Mereka ingin agar Amerika Serikat lebih hadir dan berhubungan, dan yang paling penting mereka menginginkan kawasan yang lebih dan lebih terbuka. Bersama-bersama kita akan bekerja untuk mewujudkan itu,” jelas Blinken.(*)

BERITA REKOMENDASI