Amerika Dukung Koalisi Pimpinan Arab di Yaman

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat (AS) ingin melanjutkan dukungan mereka pada koalisi pimpinan Arab Saudi dalam Perang Yaman. Mereka juga akan tetap terlibat dalam usaha memerangi pengaruh Iran dan kelompok militan di Negara Arab.

Pernyataan tersebut dikeluarkan seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS merespons tekanan terhadap pemerintah Amerika Serikat untuk segera mengakhiri dukungan militer terhadap Arab Saudi. Tekanan muncul pascapembunuhan Kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi, yang diduga melibatkan lingkaran dalam Kerajaan Arab Saudi di Turki beberapa waktu lalu.

"Memang ada tekanan dalam sistem kami untuk menarik dukungan dari konflik atau menghentikan dukungan kami terhadap koalisi. Kami namun demikian menentang dari sisi administrasi karena dukungan diperlukan," kata Wakil Asisten Menteri Luar Negeri AS.

Sejak pembunuhan Khashoggi, pemerintah AS mendapatkan tekanan dari internal mereka untuk segera menghentikan dukungan terhadap Arab Saudi. Tekanan salah satunya datang dari Senat AS.

Bulan lalu, Senat AS menggelar voting untuk mengajukan resolusi  guna menghentikan dukungan militer AS terhadap Arab Saudi. Penghentian dukungan militer yang mereka serukan mencakup; penjualan senjata dan pertukaran informasi intelijen. (*)

BERITA REKOMENDASI