Amerika Gagal Dapatkan Dukungan PBB

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Upaya Amerika Serikat (AS) mencari dukungan di PBB untuk mengutuk kekerasan yang dilakukan kelompok militan Palestina, Hamas, untuk pertama kalinya gagal karena kurangnya jumlah suara yang di dapat dalam Sidang Umum.

Resolusi membutuhkan dukungan dari sedikitnya dua pertiga suara anggota, dan meski bersifat tidak mengikat resolusi Majelis Umum memiliki muatan politik. AS mendapatkan 87 suara yang mendukung, 58 menentang, 32 abstain dan 16 negara lainnya tidak memilih.

Karena alasan prosedural yang sebelumnya diminta oleh Kuwait, pengadopsian rancangan resolusi membutuhkan dua pertiga suara dukungan dan tidak hanya didasarkan pada suara mayoritas. Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, telah menulis surat kepada negara-negara anggota PBB pada Senin, 3 November, mendesak mereka agar mendukung rancangan yang disusun oleh AS.

Haley menulis “Amerika Serikat mengambil hasil dari pemungutan suara ini dengan sangat serius.” Haley, yang akan mundur pada akhir tahun, telah memberi dukungan kepada Israel.

"Sebelum Majelis Umum dapat secara kredibel mendukung kompromi dan rekonsiliasi antara Palestina dan Israel, harus dicatat, tidak ambigu dan tidak bersyarat, mengutuk teroris Hamas," kata Haley kepada para anggota sebelum pemungutan suara. (*)

BERITA REKOMENDASI