Amerika Gencar Intai Venezuela

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dilaporkan menambah frekuensi penerbangan pesawat pengintai di wilayah udara internasional di lepas pantai Venezuela selama beberapa hari terakhir. Menurut dua pejabat Kementerian Pertahanan AS, operasi itu dilakukan untuk mengumpulkan informasi rahasia terkait pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

Para pejabat Kementerian Pertahanan AS (Pentagon) tidak bersedia memberikan rincian lebih lanjut terkait kegiatan pesawat mata-mata militer itu. Namun, Angkatan Laut dan Angkatan Udara AS terus menyiagakan beberapa pesawat yang mampu mencegat arus komunikasi dan memantau persenjataan Venezuela.

Menurut mereka kegiatan spionase itu hanya dilakukan di atas wilayah udara internasional. Beberapa pejabat militer AS terus menekankan sampai saat ini belum ada pilihan menggunakan kekuatan militer untuk menyudahi krisis Venezuela.

Untuk saat ini, AS baru bisa membalas jika aset, personel, atau kedutaan besar AS diserang. Krisis politik Venezuela sampai saat ini belum juga berakhir. Hal ini dipicu oleh sikap Guaido yang secara aklamasi menyatakan sebagai pemimpin interim Venezuela. (*)

BERITA REKOMENDASI