Amerika Jatuhkan Sanksi Lima Kapten Kapal Iran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJa.com – Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap lima kapten kapal Iran karena mengirim minyak ke Venezuela. Sanksi itu dijatuhkan ketika AS meningkatkan tekanan terhadap Presiden Nicolas Maduro.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan kapal tanker berbendera Iran tersebut telah dimasukkan dalam daftar hitam Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan AS.

“Pelaut yang bekerjasama dengan Iran dan Venezuela akan menghadapi konsekuensi dari Amerika Serikat,” kata Pompeo.

Kapal tanker Iran mengirimkan sekitar 1,5 juta barel bensin dan turunan minyak lainnya ke Venezuela dalam beberapa pekan terakhir. Tanker-tanker tersebut berhasil melewati kapal perang AS yang berusaha menghalau di lepas pantai Venezuela.

AS khawatir Iran dan Venezuela di mana keduanya disanksi AS akan kembali meningkatkan kerja sama. “Konsekuensi dari sanksi ini, aset kapten akan diblokir. Karier dan prospek mereka dipastikan akan suram akibat kejadian ini,” kata Pompeo.

Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza menyebut langkah AS itu sebagai bukti kebencian Presiden AS Donald Trump terhadap Venezuela. (*)

BERITA REKOMENDASI