Amerika Jatuhkan Sanksi Pejabat China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJa.com – Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap para pejabat senior China atas tuduhan pelanggaran HAM terhadap warga Uighur dan minoritos Muslim lainnya di Xinjiang. Sanksi itu dijatuhkan kepada Ketua Partai Komunis Xinjiang Chen Quanguo dan tiga pejabat lainnya. Seluruh aset Chen yang ada di AS akan dibekukan.

Sementara pembatasan visa diberlakukan pada dua pejabat lainnya yakni Direktur Biro Keamanan Xinjiang Wang Mingshan, dan mantan pemimpin senior Komunis di wilayah tersebut Zhu Hailun. Departemen Keuangan AS juga menjatuhkan sanksi finansial kepada Huo Liujun, mantan pejabat keamanan di Xinjiang, namun dia tidak dikenai pembatasan visa.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan bahwa AS akan melawan “penyalahgunaan yang mengerikan dan sistematis” di wilayah itu, termasuk kerja paksa, penahanan massal, dan menekan populasi secara paksa.

Pertengahan Juni lalu Presiden Donald Trump mengesahkan Undang-Undang Hak Asasi Manusia Uighur yang membuka jalan untuk menjatuhkan sanksi atas China. Undang-undang ini memberikan kewenangan bagi pemerintah AS untuk mendeteksi pejabat China yang bertanggung jawab atas penahanan paksa, penyiksaan, dan kekerasan terhadap kaum Uighur dan minoritas lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI