Amerika Jual Rudal ke Taiwan untuk Lawan China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pemerintah Amerika Serikat telah menyetujui penjualan rudal udara ke darat canggih senilai US$1 miliar atau sekitar Rp14,6 triliun kepada Taiwan. Persetujuan tersebut terjadi ketika Taiwan sedang menopang pertahanannya terhadap ancaman dari China.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan pihaknya setuju untuk menjual 135 rudal jelajah AGM-84H SLAM-ER yang dipandu dengan presisi dan diluncurkan dari udara. Selain itu, pihaknya juga menyetujui penjualan enam pod pengintai udara MS-110 dan sebelas peluncur roket ringan M142, sehingga total tiga paket senjata tersebut bernilai US$1,8 miliar atau sekitar Rp26,4 triliun.

Sebuah pernyataan menuturkan rudal SLAM-ER akan membantu Taiwan “menghadapi ancaman saat ini dan di masa depan karena ramah di semua cuaca, baik siang maupun malam, kemampuan serangan presisi terhadap target bergerak dan tidak bergerak” di permukaan darat atau laut.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan senjata itu akan membantunya “membangun kemampuan tempur yang kredibel dan memperkuat pengembangan perang asimetris”. Tapi penjualan senjata itu tidak termasuk drone tempur MQ9 Reaper yang dilaporkan juga diminta oleh Taiwan. (*)

BERITA REKOMENDASI