Amerika Jual Senjata ke Saudi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat awal bulan lalu setuju menjual lebih dari 130 tank Abram, 20 kendaraan tempur dan peralatan perang lainnya senilai USD 1,15 miliar kepada Arab Saudi.

Badan Kerja Sama Keamanan Kementerian Pertahanan AS mengabarkan hal itu kepada parlemen AS. Menurut badan itu, penjualan senjata itu akan meningkatkan keamanan bagi sekutu AS di Timur Tengah.

“Penjualan ini akan meningkatkan kemampuan militer Kerajaan Saudi dan membuktikan komitmen AS bagi keamanan Saudi serta memodernisasi peralatan militer,” kata pernyataan badan keamanan AS.

Pentagon menuturkan, tahun ini AS membidik penjualan senjata senilai lebih dari USD 40 miliar. Meningkatnya peluang penjualan senjata dari AS ke Saudi dan negara sekutu di Timur Tengah disebabkan agresi militer Saudi ke Yaman sejak Maret tahun lalu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kelompok hak asasi manusia menyatakan agresi militer itu sebagai kejahatan perang Saudi terhadap Yaman. Lembaga Amnesty International dan Human Right Watch mengecam pemerintah AS dan Inggris yang selama ini memasok senjata bagi Saudi dan koalisinya dalam agresi militer di Yaman. (*)

BERITA REKOMENDASI