Amerika Kembali Potong Bantuan Bagi Palestina

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – AS kembali memotong bantuan bagi Palestina yang digunakan untuk program-program mendukung upaya mengakhiri konflik dengan Israel sebesar US$10 juta sehingga total penghentian dana dari negara itu mencapai lebih dari US$500 juta. Dana ini digunakan untuk program rekonsiliasi warga Palestina, Yahudi dan juga warga Israel keturunan Arab.

Seorang pejabat kedutaan besar AS di Israel menyebut porsi bantuan bagi warga Palestin di wilayah pendudukan Tepi Barat dan Jalur Gaza sekarang dialihkan untuk program yang melibatkan warga Yahudi dan warga Israel keturunan Arab.

Para pejabat AS juga belum bisa mengkonfirmasi apakah pencabutan dana ini membuat seluruh bantuan non-keamanan kepada Palestina telah dihentikan. "Seperti yang telah diumumkan Agustus, pemerintah mengalihkan lebih dari US$200 juta yang sebelumnya diperuntukkan untuk program-program di Jalur Gaza dan Tepi Barat," kata pejabat kedutaan besar Amerika.

Pejabat itu mengatakan jatah bantuan bagi warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza akan digunakan untuk "memperkuat" program-program serupa di Israel. (*)

BERITA REKOMENDASI