Amerika Kerahkan Kapal Perang Kawal Tanker Lintasi Teluk

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Angkatan Bersenjata Amerika Serikat berencana mengerahkan kapal perang untuk mengawal kapal-kapal tanker yang melintas di perairan Teluk. Mereka menyatakan hal itu sehari setelah menuduh Iran hendak menyandera kapal tanker Inggris, British Heritage, saat melewati Selat Hormuz.
 
"Kami berencana membentuk pasukan koalisi untuk memberikan pengawalan militer terhadap kapal-kapal niaga. Kemungkinan akan ada perkembangan terkait rencana ini dalam beberapa pekan ke depan," kata Pelaksana Tugas Kepala Staf Gabungan Militer AS, Jenderal Mark Milley.
 
Jika hal itu terjadi, maka akan mengulangi peristiwa pada 1987 sampai 1988 silam. Yakni saat AL AS ikut mengawal kapal tanker Kuwait dari serangan Iran ketika pecah perang antara Irak-Iran.
 
Pemerintah Inggris menyatakan tiga kapal perang Iran sempat mencoba menghalangi laju kapal supertanker British Heritage milik perusahaan minyak British Petroleum (BP) saat melintasi Selat Hormuz. Namun, mereka perlahan mundur setelah kapal perang Inggris memberi peringatan akan melepaskan tembakan jika kapal perang Iran tidak menyingkir.
 
"HMS Montrose terpaksa berada di antara kapal Iran dan British Heritage dan memberi peringatan kepada Iran, dan kemudian mereka menjauh," demikian pernyataan pemerintah Inggris. (*)

BERITA REKOMENDASI