Amerika Kirim 335 Juta Dosis Vaksin ke 110 Negara

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat mengklaim sejauh ini telah mengirimkan lebih dari 335 juta dosis vaksin covid ke 110 negara. Itu termasuk 50 juta dosis yang dikirim hanya dalam dua minggu terakhir.

Pejabat senior Gedung Putih seperti dikutip dari AFP mengatakan jumlah sumbangan vaksin ini setara dengan populasi AS. “Pandemi telah menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada yang aman sampai semua orang aman,” kata pejabat itu.

Presiden AS Joe Biden pada September lalu berjanji negaranya akan menyumbangkan lebih dari satu miliar dosis vaksin corona ke negara miskin.

Pada saat itu Biden mengatakan Amerika Serikat yang telah mencatat lebih dari 50 juta kasus covid-19, akan bertindak sebagai pemimpin dunia untuk melawan virus tersebut.

Washington mengulangi di setiap kesempatan bahwa vaksinnya didistribusikan tanpa pamrih, sembari menyiratkan bahwa upaya AS itu tidak akan sebanding dengan yang telah didistribusikan secara khusus oleh saingan besarnya, China.

Presiden China Xi Jinping, yang menyangkal bahwa dia melakukan diplomasi vaksin, baru-baru ini menjanjikan satu miliar dosis vaksin covid ke Afrika. (*)

BERITA REKOMENDASI