Amerika Kirim Drone Tempur ke Ukraina

Editor: Ivan Aditya

UKRAINA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat (AS) akan mengirim drone tempur Phoenix Ghost terbarunya ke Ukraina. Negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) terus mempersenjatai Kiev setelah Rusia melancarkan serangan militer terhadap negara itu pada akhir Februari lalu.

Juru bicara Departemen Pertahanan AS John Kirby kepada wartawan pada konferensi pers regular mengatakan pesawat tak berawak itu dikembangkan dengan cepat oleh Angkatan Udara sebagai tanggapan khusus terhadap persyaratan Ukraina.

“Dalam diskusi dengan Ukraina tentang persyaratan mereka, kami percaya bahwa sistem khusus ini akan sangat sesuai dengan kebutuhan mereka, terutama di Ukraina timur,” terangnya.

Kirby mengatakan Phoenix Ghost agak mirip dengan drone kamikaze Switchblade yang telah dijanjikan Washington ke Kiev. Dia menjelaskan drone itu dirancang untuk operasi taktis, dan dapat digunakan untuk pengawasan, tetapi fokus utamanya adalah serangan.

“Kami melihat manfaatnya sekarang – saat ini – bagi Ukraina untuk menggunakannya. Jadi kami akan menyediakan beberapa di antaranya,” terangnya. (Okz)

BERITA REKOMENDASI