Amerika Kirim Dua Pesawat Pengebom Nuklir ke Timur Tengah

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat mengerahkan dua pesawat pengebom Stratofortress B-52H ke Timur Tengah untuk menggertak Iran. Dua pesawat pengebom jarak jauh kelas berat itu mampu membawa senjata konvensional dan nuklir. Selama ini, AS dinilai jarak mengerahkan pesawat jenis kelas berat seperti B-52H ke Timur Tengah.

Sejumlah pejabat mengatakan dua pesawat itu terbang dari Pangkalan Angkatan Udara Barksdale di Louisiana pada Rabu dan akan kembali pada Kamis. Kedua pesawat itu diperkirakan akan menjalankan misi terbang selama 36 jam melintasi Samudra Atlantik dan Eropa, melintasi Semenanjung Arab dan Teluk Arab sebelum kembali ke AS.

“Kemampuan untuk menerbangkan pesawat pengebom strategis ke belahan dunia dalam misi tanpa henti dan dengan cepat mengintegrasikan mereka dengan beberapa mitra regional menunjukkan hubungan kerja sama yang erat dan komitmen bersama kami untuk keamanan dan stabilitas regional,” Komandan Pusat Komando AS untuk Timur Tengah, Jenderal Frank McKenzie, melalui sebuah pernyataan.

Misi tersebut merupakan yang kedua dilakukan AS dalam satu bulan terakhir. Pengerahan pesawat pengebom ini dilakukan AS sebagai upaya menunjukkan komitmennya di Timur Tengah meski Presiden Donald Trump baru-baru ini menarik ribuan tentara dari Irak dan Afghanistan.

Musuh AS kerap mengeluh tentang pengerahan pesawat pengebom AS semacam itu karena dianggap sebagai bentuk unjuk kekuatan yang provokatif. (*)

BERITA REKOMENDASI