Amerika Klaim Kekuatan Militer Ungguli Rusia

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pejabat Amerika Serikat menyebut klaim Presiden Vladimir Putin soal kekuatan militer Rusia sebagai 'cheesy' atau murahan dan menegaskan kemampuan pertahanan dan militer AS tetap "tiada duanya".

Dalam sebuah pidato, Putin menyatakan bahwa Moskow telah mengembangkan pesawat nirawak (drone) baru serta sistem senjata nuklir dengan jarak jelajah 'tak terbatas' yang membuat pertahanan NATO 'sama sekali tak berguna'.

Putin menyatakan rudal-rudalnya "tak terkalahkan" dan dapat menembak dengan kecepatan hipersonik. Pidato Putin di hadapan Majelis Federal Rusia lengkap dengan klip video serangan nuklir ke Florida, diumana terdapat Mar-a-lago, tempat peristirahatan milik Presiden Donald Trump.

Sambil menyebutnya sebagai 'video murahan', Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert menyatakan, "kami pikir itu tidak bertanggung jawab." Meski klaim Putin diragukan kebenarannya, menurut pejabat Pentagon menyatakan bahwa AS "sepenuhnya siap".

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan, "Presiden Putin memastikan apa yang sudah diketahui pemerintah Amerika Serikat selama ini, yang disangkal Rusia sebelumnya. Rusia telah mengembangkan sistem persenjataan perusuh selama lebih dari satu dekade, yang secara langsung melanggar kewajiban perjanjiannya." (*)

BERITA REKOMENDASI