Amerika, Korut dan Korsel Bahas Pelucutan Nuklir

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sejumlah perwakilan Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Korea Utara disebut akan bertemu di Finlandia guna membahas isu perlucutan senjata nuklir Pyongyang. Pertemuan ini dilakukan menjelang pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un pada Mei mendatang.

"Pertemuan itu disebut pertemuan jalur 1.5 yang melibatkan perwakilan Korut, Korsel, dan AS. Sesi itu akan mempertemukan pejabat pemerintah dan ahli non-pemerintah dari masing-masing negara," kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Finlandia, Kimmo Lahdevirta.

Meski begitu, Lahdevirta mengatakan Korut dan AS dikabarkan tidak akan mengirim pejabat pemerintah dalam pertemuan tersebut. Secara terpisah, juru bicara Kementerian Luar Negeri Finlandia, Petra Sarias, mengatakan bahwa negaranya tidak terlibat dalam perundingan denuklirisasi di Semenanjung Korea. Dia mengatakan Helsinki hanya menjadi fasilitator pertemuan tersebut.

Baik Lahdevirta maupun Sarias tidak menjelaskan secara detail mengenai isu denuklirisasi yang akan dibahas dalam pertemuan itu. Keduanya juga tidak menolak memberi tahu detail waktu dan lokasi pertemuan tersebut.

Sementara itu, Kemlu Korsel mengatakan mantan pejabat publik dan ahli swasta akan berpartisipasi mewakili pemerintahnya dalam "perundingan tingkat kedua" tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI