Amerika Kucurkan Rp 501 Triliun untuk Israel

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Amerika Serikat akan memberikan dana bantuan militer senilai USD 38 miliar atau setara Rp 501,22 triliun kepada Israel selama 10 tahun. Ini adalah bantuan militer terbesar yang pernah diberikan AS ke negara manapun sepanjang sejarah.

Setelah melalui negosiasi panas selama 10 bulan, kedua negara akhirnya menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Washington. Menurut pejabat senior AS, dengan bantuan ini, Israel dapat memperbarui armada jet tempurnya, meningkatkan mobilitas pasukan darat dan memperkuat sistem pertahanan rudal.

"Perdana Menteri (Israel Benjamin) Netanyahu dan saya yakin bahwa MoU baru ini akan memberikan kontribusi signifikan bagi keamanan Israel di kawasan yang masih berbahaya," kata Presiden AS Barack Obama dalam sebuah pernyataan.

Israel akan mendapatkan dana bantuan militer USD 3,8 miliar setiap tahunnya dari AS, meningkat dari USD 3,1 miliar dalam kesepakan 10 tahun sebelumnya yang berakhir 2018 nanti. Angka ini kabarnya jauh lebih kecil dari yang diminta Netanyahu sebesar USD 4,5 miliar-USD 5 miliar setahun. (*)

BERITA REKOMENDASI