Amerika Lanjutkan Perundingan dengan Taliban

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Juru runding Amerika Serikat untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, menyatakan akan melanjutkan negosiasi damai dengan Taliban. Langkah itu diambil setelah pembicaraan itu terhenti selama tiga bulan setelah Presiden AS, Donald Trump, menghentikan dialog.

Khalilzad tiba di Ibu Kota Kabul untuk bertemu dengan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani. Sepekan sebelumnya Trump melakukan kunjungan mendadak ke pangkalan militer AS di Afghanistan dalam memperingati Hari Pengucapan Syukur (Thanksgiving).

Dalam kunjungan itu, Trump menyatakan bersedia melanjutkan perundingan damai dengan Taliban. Sebab, AS dan Taliban sudah berperang di Afghanistan selama 18 tahun.

"Duta Besar Khalilzad akan bergabung dalam dialog dengan Taliban untuk membicarakan langkah-langkah terkait negosiasi damai intra-Afghan dan penyelesaian urusan setelah perang, termasuk meredam kekerasan dan gencatan senjata," demikian isi keterangan pers Kementerian Luar Negeri.

Setelah dari Afghanistan, Khalilzad bakal menuju Qatar untuk bertemu dengan biro politik Taliban. Perundingan antara AS dan Taliban nyaris membuahkan hasil pada September lalu.

Diharapkan hal itu bisa meretas jalan untuk negosiasi damai antara Taliban dan pemerintah Afghanistan. (*)

BERITA REKOMENDASI