Amerika Larang Kedatangan Warga Brasil

Editor: Ivan Aditya

BRASIL, KRJOGJA.com – Kementerian Luar Negeri Brasil mengatakan kebijakan pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang melarang sementara kedatangan orang-orang dari Brasil tidak akan merusak kerja sama di antara kedua negara. AS menetapkan kebijakan itu pada Minggu (24/05/2020) kemarin.

Brasil juga menempuh langkah serupa, yaitu membatasi masuknya pendatang asing, termasuk penduduk AS. “Brasil dan Amerika Serikat telah mempertahankan kerja sama bilateral penting untuk memerangi Covid-19,” demikian isi pernyataan Kementerian Luar Negeri Brasil.

Mengutip pengumuman dari perwakilan Gedung Putih pada Minggu kemarin, pihak kementerian juga menyebutkan sumbangan dari AS untuk Brasil berupa 1.000 respirator.

Selain itu, AS juga menyumbang uang US$ 6,5 juta untuk mendukung Brasil mengurangi dampak kesehatan dan sosial ekonomi akibat virus tersebut.

“Keputusan pemerintah AS didasarkan pada kriteria teknis yang mempertimbangkan kombinasi faktor-faktor seperti total kasus, tren penambahan, volume perjalanan, dan lain-lain,” tulis Kemenlu Brasil. (*)

BERITA REKOMENDASI