Amerika Minta Saudi Perbaiki Hubungan dengan Israel

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat mendorong Arab Saudi melakukan normalisasi hubungan dengan Israel. Permintaan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan.

Pompeo mengatakan jika perjanjian normalisasi Arab Saudi-Israel terlaksana maka akan berkontribusi besar untuk keamanan kawasan. “Perjanjian itu berkontribusi besar pada tujuan bersama kami untuk perdamaian dan keamanan regional,” ucap Pompeo.

“Mereka mencerminkan dinamika yang berubah di kawasan, di mana negara-negara dengan tepat mengakui perlunya kerja sama kawasan untuk melawan pengaruh Iran dan menghasilkan kemakmuran,” tutur dia.

Lebih lanjut, Pompeo menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi Arab Saudi atas normalisasi yang sudah terjadi antara Israel-UEA-Bahrain yang dinamai perjanjian Abraham Accords.

“Kami berharap Arab Saudi akan mempertimbangkan untuk menormalisasi hubungannya juga. Kami ingin berterima kasih kepada mereka atas bantuan yang mereka miliki dalam menyukseskan Abraham Accords sejauh ini,” kata Pompeo.

Selain itu Pompeo mengatakan Amerika Serikat mendukung program penjualan senjata ke Arab Saudi. Ia mengatakan upaya itu membantu negeri tersebut untuk melindungi warganya dan mempertahankan kerja sama. (*)

BERITA REKOMENDASI