Amerika Minta Warga Karantina Diri Sendiri

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pemerintah negara bagian Amerika Serikat meminta ribuan penduduk melakukan karantina diri sendiri di rumah untuk menekan penyebaran virus corona.

Perintah itu dikeluarkan setelah virus corona menginfeksi lebih dari 220 orang di 19 negara bagian. Virus itu telah menewaskan 14 orang di AS.

Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan mereka pernah melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi.

Karantina diri sendiri ini bersifat wajib. Mereka yang melanggar bisa dijatuhi hukuman. Namun sejauh ini warga patuh dan melakukan karantina diri sendiri secara sukarela.

Di New York lebih dari 2.500 orang diperintahkan untuk melakukan karantina sendiri. Di kota itu, 22 orang dinyatakan positif dan kini diisolasi.

“Mereka dipantau dan diawasi. Kami memeriksa orang-orang itu dan memastikan mereka melakukannya,” kata Gubernur New York Andrew Cuomo.

Di California, pejabat kesehatan mengatakan lebih dari 9.700 pelancong yang baru tiba diminta untuk tetap tinggal di rumah dan memantau kesehatan. Gubernur Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat awal pekan ini setelah salah satu orang meninggal akibat virus itu. (*)

BERITA TERKAIT