Amerika Peringatkan Korut Soal Nuklir

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Robert O’Brien, meminta Korea Utara menghentikan program nuklir jika ingin memiliki ekonomi yang hebat.

Permintaan itu disampaikan setelah Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un, memimpin pertemuan militer membahas penguatan pencegahan nuklir.

Rapat tersebut juga menjadi kesempatan pertama Kim Jong-un tampil ke publik setelah ‘menghilang’ sekitar 20 hari, yang berujung munculnya sejumlah spekulasi mengenai kesehatan pemimpin tertinggi Korea Utara itu.

“Akhirnya Korea Utara jika mereka ingin memasuki kembali dunia dan memiliki ekonomi yang hebat, kami berharap mereka melakukannya dan harus meninggalkan program nuklir,” kata Robert O’Brien.

Robert O’Brien mengatakan AS berhasil menghindari konflik dengan Korea Utara dalam 3,5 tahun terakhir. Presiden AS Donald Trump juga disebut terlibat diplomasi pribadi yang baik dengan Kim Jong-un.

Dalam wawancara bersama CBS, O’Brien juga mengatakan AS akan terus mengawasi perkembangan yang terjadi di Korea Utara meski selama ini amat tertutup.

“Kami menyaksikan semua yang terjadi di Korea Utara baik dari sumber terbuka dan juga komunitas intelijen. Kami akan mengawasinya,” O’Brien menegaskan. (*)

BERITA REKOMENDASI