Amerika Rilis Gambar Baru Virus Corona

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Rocky Mountain Laboratories (RML) yang berlokasi di National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), Amerika Serikat merilis gambar virus corona novel (COVID-19).

Para peneliti di RML mencitrakan sampel virus dan sel yang diambil dari salah satu pasien warga negara Amerika yang terjangkit corona menggunakan dua jenis mikroskop resolusi tinggi yaitu mikroskop elektron pemindaian dan transmisi.

Gambar yang menggunakan mikroskop elektron pemindaian menunjukkan virus corona (berwarna kuning) berada di antara sel-sel manusia (yang digambarkan dengan warna biru, merah muda, dan ungu).

Peneliti mengatakan COVID-19 terlihat mirip dengan virus corona sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) yang muncul pada 2012 silam. Tak hanya mirip dengan MERS-CoV, COVID-19 pun diklaim mirip virus corona sindrom pernafasan akut (SARS-CoV) yang pertama kali muncul tahun 2002.

Sebab, ketiganya masih berada di dalam keluarga yang sama yakni keluarga virus corona. Kata Corona sendiri diambil dari Bahasa Latin yang artinya ‘mahkota’.

“Kebanyakan virus corona apapun akan memiliki penampilan seperti mahkota. Maka dari itu virus ini dinamakan corona yang diambil dari Bahasa Latin,” tulis peneliti. (*)

BERITA TERKAIT