Amerika Sebut Corona Hasil Konsporasi China dan Rusia

Editor: Ivan Aditya

A0MERIKA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat (AS) menuduh China dan Rusia meningkatkan kerja sama untuk menyebarkan narasi palsu atas pandemi virus corona dengan mengatakan Beijing semakin mengadopsi teknik yang diasah oleh Moskow. Tuduhan diberikan tak lama setelah Presiden Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas kerja sama penanggulangan penyebaran wabah virus corona.

Koordinator Pusat Keterlibatan Global Departemen Luar Negeri AS Lea Gabrielle mengatakan konspirasi dua negara telah dilakukan sebelum pandemi corona. “Bahkan sebelum krisis COVID-19, kami menduga ada koordinasi tertentu antara Rusia dan RRC untuk melakukan propaganda. Kerja sama semakin meningkat setelah pandemi,” katanya.

Global Engagement Center sebelumnya mengatakan ribuan akun media sosial yang terhubung dengan Rusia telah menyebarkan konspirasi tentang pandemi. Konspirasi salah satunya berkaitan dengan tuduhan virus Corona diciptakan oleh Amerika Serikat (AS).

China juga membuat marah AS ketika seorang juru bicara kementerian luar negeri mentweet konspirasi soal keterlibatan militer AS dalam membawa virus ke Wuhan. (*)

BERITA REKOMENDASI