Amerika Segera Gunakan Pfizer Dosis Ketiga

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pemerintah Amerika Serikat dilaporkan akan memberikan dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19 untuk masyarakat umum menggunakan vaksin jenis Pfizer. Menurut Reuters, laporan ini diungkapkan oleh seorang sumber yang mengetahui pembahasan mengenai rencana pemberian booster vaksin.

Dalam pembahasan itu, vaksin jenis Moderna juga diajukan sebagai booster tapi ditemukan tidak memadai. Sumber tersebut menambahkan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) membutuhkan data yang lebih kuat dari perusahaan, sehingga membuat prosesnya mungkin beberapa minggu di belakang Pfizer/BioNTech.

Bulan lalu, pejabat kesehatan AS telah mengatakan bahwa booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 akan tersedia secara luas pada 20 September untuk orang Amerika yang menerima dua dosis vaksin Pfizer/BioNTech atau Moderna setidaknya delapan bulan sebelumnya.

Mereka mengutip data yang menunjukkan berkurangnya perlindungan dari vaksinasi awal karena infeksi meningkat dari varian Delta. Biden mengatakan pemerintah mengharapkan untuk memberikan 100 juta suntikan booster secara gratis di sekitar 80 ribu lokasi di seluruh AS.

Namun, rencana ini sempat menimbulkan perdebatan karena Gedung Putih disebut melangkahi FDA dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) dalam membuat keputusan berbasis sains semacam ini. (*)

BERITA REKOMENDASI