Amerika Segera Tarik Pasukan dari Afghanistan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat bersiap menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri konflik dengan Taliban di Afghanistan pada 29 Februari mendatang. Kesepakatan tersebut rencananya akan ditandatangani di Doha, Qatar.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan kesepakatan tersebut ditempuh untuk mengurangi kekerasan yang terjadi di seluruh Afghanistan.

“Setelah implementasi (gencatan senjata) yang berhasil, penandatanganan perjanjian AS-Taliban diperkirakan akan ada perkembangan,” kata Pompeo.

Pompeo mengatakan gencatan senjata selama sepekan berhasil mengurangi kekerasan. Negosiasi antara Taliban dan pemerintah Afghanistan akan ‘segera dimulai’ setelah berakhirnya gencatan senjata.

“Setelah konflik selama beberapa dekade terakhir, kami mencapai kesepakatan dengan Taliban mengenai pengurangan kekerasan secara signifikan di seluruh Afghanistan. Ini adalah langkah penting menuju perdamaian, dan saya meminta semua warga Afghanistan untuk mengambil kesempatan ini,” tulis Pompeo dalam cuitannya.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Afghanistan, Javed Faisal dan sumber-sumber Taliban mengatakan gencatan senjata antara AS dan Taliban selama seminggu ‘menurunkan tingkat kekerasan’ antara pasukan keamanan AS, Taliban, dan Afghanistan. (*)

BERITA TERKAIT