Amerika Sengaja Pancing Kemarahan Iran

Editor: Ivan Aditya

IRAN (KRjogja.com) – Militer Iran mengancam akan menembak jatuh dua pesawat mata-mata Angkatan Laut Amerika yang terbang dekat dengan wilayah Iran di Teluk Persia. Ancaman dari militer Iran itu diungkap tiga pejabat pertahanan Amerika.

Menurut para pejabat pertahanan AS, pada tanggal 10 September 2016 dua pesawat mata-mata AS terbang untuk misi pengintaian di wilayah yang berjarak 13 mil dari lepas pantai Iran, di Selat Hormuz dan Teluk Oman. Pada beberapa titik selama penerbangan, militer Iran memperingatkan dua pesawat mata-mata AS itu untuk mengubah arah atau berisiko ditembak jatuh.

Namun pesawat-pesawat itu mengabaikan peringatan militer Iran dan terus terbang di wilayah udara internasional, meskipun dekat dengan wilayah Iran. ”Kami ingin menguji reaksi Iran,” kata salah satu pejabat pertahanan.

Pejabat itu mengatakan perilaku militer Iran tidak profesional. Seorang pejabat pertahanan AS lainnya mengatakan insiden itu tidak dianggap tidak aman karena menurut laporan intelijen terbaru tidak ada peluncur rudal Iran di daerah itu. (*)

BERITA REKOMENDASI