Amerika Siap Adili Pembunuh Khashoggi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan kepada Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, akan mengadili seluruh pihak yang terlibat pembunuhan Jamal Khashoggi. Dia adalah wartawan pengkritik Raja Salman, yang meninggal di Istanbul, Turki.

"Menlu Pompeo menekankan bahwa AS akan meminta pertanggungjawaban terhadap sleuruh pihak yang terlibat pembunuhan Jamal Khashoggi, dan Arab Saudi harus melakukan hal serupa," ucap juru bicara Kemlu AS, Heather Nauert.

Khashoggi tewas dibunuh di dalam gedung konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Meski semula membantah, Saudi akhirnya mengakui bahwa koresponden The Washington Post itu tewas di dalam gedung konsulatnya.

Hanya saja pemerintah Saudi mengklaim negara kerajaan itu tak terlibat dalam pembunuhan. Mereka beralasan perbuatan itu dilakukan oleh orang-orang di luar kewenangan mereka itu.

Sejumlah pihak berasumsi Pangeran Mohammed merupakan otak di balik pembunuhan Khashoggi. Sebab sejumlah ajudan terdekatnya termasuk dalam tim khusus yang disebut Turki sengaja dikirim ke Istanbul untuk melakukan eksekusi.

Pompeo sebelumnya menganggap pembunuhan Khashoggi melanggar norma dalam hukum internasional. Dia juga mengatakan AS tengah mempertimbangkan menerapkan sanksi kepada para individu yang terlibat dalam pembunuhan tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI