Amerika Siap Berunding dengan Palestina

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat menyatakan siap berbicara dengan Mahmoud Abbas, presiden Palestina yang menolak upaya perdamaian Timur Tengah ala Amerika setelah negara itu mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Di sisi lain, lewat pidato di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Selasa (20/02/2018), Abbas meminta diadakan konferensi internasional pada pertengahan 2018, untuk memulai kembali proses merdamaian dengan Israel dan membentuk mekanisme multilateral sebagai pengawas.

Dia meninggalkan majelis sebelum Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley berbicara. Warga Palestina memandang niat pemerintahan AS terkait perdamaian Timur Tengah dengan sangat skeptis, setelah Presiden Donald Trump melawan tradisi para pendahulunya dan memulai proses pemindahan kedutaan besar Amerika dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Para negosiator kami duduk di belakang saya, siap berbiacara. Namun, kami tidak akan mengejar Anda. Pilihannya, Pak Presiden, ada di tangan Anda," kata Haley merujuk pada menantu Trump, Jared Kushner, dan utusan AS untuk Timur Tengah, Jason Greenblatt.

Kushner dan Greenblatt tengah menggodok rencana perdamaian baru. Mereka bertemu dengan 15 duta besar Dewan Keamanan secara tertutup setelah sidang terbuka pada Selasa. (*)

BERITA REKOMENDASI