Amerika Siapkan Bom Nuklir Hadapi China

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Negara adidaya Amerika bakal mengerahkan kekuatan nuklir guna menghadapi raksasa Asia, China jika ketegangan semakin memincak. Demikian sebaliknya, China sudah terlebih dahulu mempersiapkam senjata nuklir dengan menggelar berbagia ujicoba.

Dilansir dari Washington Post, Sabtu (23/05/2020), usulan penggubaan nuklir muncul dalam pertemuan yang dipimpin langsung Donald Trump pada 15 Mei lalu. Amerika beralasan karena diketahui jika Rusia dan China disinyalir sudah melakukan uji coba nuklir dalam beberapa waktu lalu.

Sumber dari lingkaran Gedung Putih mengatakan, Pan Sam ingin mengimbangi apa yang dilakukan dua negara. Dengan aanya uji coba ini nantinya bakal memperkuat posisi Amerika sebagai kekuatan hegemoni dunia.

Meski demikian Badan Keamanan Nuklir Nasional (NNSA) yang ikut dalam pertemuan tersebut tidak setuju uji coba dilakukan. NNSA tidak berkomentar lebih lanjut dimana menunjukkan jika pemerintahan Trump amat serius ingin segera melakukan uji coba nuklir.

Pertimbangan NNSA yakni jika uji coba dilakukan maka akan merusak keseimbangan dunia dan memicu perang nuklir skala global. “Itu akan menjadi undangan bagi negara-negara bersenjata nuklir lainnya untuk mengikutinya,” kata Daryl Kimball, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengawas Senjata (ACA). (*)

BERITA REKOMENDASI