Amerika Tak Akan Campuri Pemilu Inggris

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berjanji tidak akan ikut campur atau mendukung salah satu tokoh politik dalam pemilihan umum di Inggris. Dia mengatakan hal itu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di London, Inggris, karena dianggap dekat dengan Perdana Menteri Boris Johnson.

"Saya akan jauh-jauh dari soal pemilu. Saya tidak mau membuat hal itu semakin rumit," kata Trump.

Boris Johnson dan Trump dianggap sama-sama politikus yang beraliran sayap kanan. Kehadiran Trump di dalam KTT NATO dipandang miring oleh kalangan oposisi di Inggris yang dipimpin Ketua Partai Buruh, Jeremy Corbyn.

Corbyn dan Trump juga sempat saling balas pernyataan terkait proses perundingan dagang jika Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit). Corbyn menuduh AS hendak mengeksploitasi jaminan kesehatan yang diterapkan Inggris, NHS, jika terjadi Brexit.

Trump lantas menyatakan dalam kunjungannya ke Inggris pada awal tahun ini bahwa AS akan mempertimbangkan apapun jika Brexit benar-benar terjadi. Pekan lalu, Johnson menyatakan Inggris akan keluar dari perundingan dagang jika AS menyinggung soal NHS jika terjadi Brexit. (*)

BERITA REKOMENDASI