Amerika Tambah 750 Tentara ke Timur Tengah

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper berencana mengerahkan 750 pasukan udara tambahan ke Timur Tengah setelah kedutaan besarnya di Irak diserbu oleh milisi syiah yang disokong Iran.

AS bahkan dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mengirim 3.000 pasukan tambahan ke Timur Tengah dalam waktu dekat. Sejak Mei lalu, AS telah mengerahkan 14 ribu pasukan ke Timur Tengah untuk membendung pengaruh Iran.

"Penempatan pasukan ini adalah tindakan yang tepat dan sebuah tindakan pencegahan yang diambil sebagai respons terhadap peningkatan ancaman terhadap personel dan fasilitas AS seperti yang kita saksikan di Baghdad hari ini," kata Esper.

Esper menegaskan Amerika akan selalu melindungi warga dan kepentingannya di mana pun di seluruh dunia. Pasukan yang dikerahkan itu berasal dari unit reaksi cepat Divisi Lintas Udara ke-82 Angkatan Darat yang berbasis di Fort Bragg, North Carolina.

Hingga kini, Esper belum menjelaskan pasukan-pasukan itu akan ditempatkan di mana, namun seorang pejabat AS menuturkan pasukan tambahan ini rencananya akan ditempatkan di Kuwait. (*)

BERITA REKOMENDASI