Amerika Tarik Pasukan dari Pangkalan Militer di Irak

Editor: Ivan Aditya

IRAK, KRJOGJA.com – Pasukan koalisi dipimpin Amerika Serikat ditarik mundur dari pangkalan militer Taji, dekat ibu kota Baghdad, Irak, setelah berulang kali menjadi sasaran milisi yang didukung Iran pada tahun ini.
“Pergerakan personel militer koalisi adalah bagian dari rencana jarak jauh yang dikoordinasikan dengan pemerintah Irak,” kata pasukan koalisi dalam sebuah pernyataan.

Mereka menambahkan bahwa pangkalan militer Taji menampung hingga dua ribu pasukan koalisi yang sebagian besar telah berangkat pada musim panas ini.

Koalisi itu menambahkan pasukan koalisi yang tersisa akan berangkat dalam beberapa hari mendatang setelah menyelesaikan penyerahan peralatan kepada pasukan Irak. Mereka menyatakan ini adalah transfer kedelapan supaya markas itu dikembalikan ke pasukan Irak.

Penarikan itu dilakukan beberapa hari setelah Presiden AS Donald Trump melipatgandakan janjinya untuk menarik pasukan AS yang masih berada di negara itu. AS mengirim sekitar lima ribu tentara yang ditempatkan di Irak. Sedangkan pasukan koalisi sebanyak lebih dari 2.500 orang. (*)

BERITA REKOMENDASI