Amerika Tolak Ekstradisi Gulen ke Turki

Editor: Ivan Aditya

ANKARA (KRjogja.com) – Amerika menolak permintaan Turki untuk mengekstradisi Gulen. Amerika menolak karena sampai saat ini tak ada bukti konkrit yang menunjukkan Gulen sebagai aktor intelektual serangan kudeta militer 15 Juli lalu.

Meskipun Turki telah menyerahkan sejumlah dokumen terkait Gulen, AS tetap menilai hal tersebut tak bisa dijadikan sebagai bukti keterlibatan Gulen. Di kalangan dunia internasional juga banyak yang meyakini bahwa Gulen bukan otak kudeta gagal bulan lalu.

Namun Erdogan terus membuat kampanye yang menargetkan Gulen dan pengikutnya sebagai biang kerok percobaan kudeta untuk melengserkan dirinya tersebut. Selain operasi pembersihan Gulenis yang telah membuat lebih dari 60.000 warga Turki dari berbagai kalangan dipecat dan ditahan tanpa dakwaan.

Selain itu, dalam sebulan terakhir ini, Erdogan telah melakukan mobilisasi massa sebanyak tiga kali untuk menunjukkan dirinya sampai saat ini masih didukung mayoritas rakyat Turki. Gulen sendiri selama ini telah berulang kali membantah semua tuduhan pemerintah Erdogan. Dia mengatakan, jika sepersepuluh saja tuduhan Erdogan terbukti, maka dirinya akan secara sukarela kembali ke Turki. (*)

BERITA REKOMENDASI