Amerika Tuduh China Kirim Minyak ke Korut

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku kecewa pada pemerintah China yang meloloskan minyak masuk ke Korea Utara. Trump dalam unggahan akun Twitter-nya, juga menyebut hal tersebut bukan langkah yang bersahabat untuk mencegah program nuklir di Pyongyang.

China sebelumnya menyebut tak melanggar peraturan dengan menjual minyak kepada Korea Utara melalui kapal-kapalnya. Respons tersebut diberikan setelah surat kabar Korea Selatan mengatakan bahwa kapal-kapal China dan Korea Utara terhubung di laut secara ilegal guna memberikan minyak ke Korea Utara.

Trump kini telah memimpin upaya guna meningkatkan sanksi global kepada Korea Utara dalam menanggapi upaya pengembangan rudal Korea Utara yang disebut mampu menyerang Amerika Serikat.  Washington menyebut, kerja sama penuh China maupun negara mitra dagang Korea Utara lainnya berperan penting dalam penerapan sanksi pada Korea Utara.

Dewan Keamanan PBB pada pekan lalu, secara bulat, menjatuhkan sanski baru pada korea utara dengan membatasi akses negara tersebut pada minyak. Resolusi PBB melarang hampir 90 persen ekspor minyak mentah mentah ke Korea Utara atau membatasi penggunaan mereka sekitar 500 ribu barel per tahun. (*)

BERITA REKOMENDASI